Welcome....

Selamat datang teman-teman. Saya Paulus yang biasa dipanggil PaO. Saya rindu sekali untuk membuat artikel. Disinilah saya menuangkan semua hasil pemikiran. Saya beri judul pada Blog ini, Reflection Results. Ini semua hasil pemikiran, ide, refleksi dari saya sendiri. Apabila ada kata-kata atau kalimat dari orang lain, saya berikan footnote atau resensi tulisan. Saya yakin anda mendapat pelajaran yang baik pada saat anda membacanya. Bila teman-teman sedang ada waktu, boleh sekalian dikasih komentarnya dalam setiap artikel yang dibaca. Bila ada yang tidak setuju juga tidak masalah :D all praise to Jesus! praise for ever!!

Selamat Membaca. Tuhan Yesus Kristus Memberkati.

Penulis : Pdp. Paulus Igunata Sutedjo, M.Th.

Labels

Wednesday, May 8, 2013

Led them to Jesus



Apa yang terlintas di pikiran anda, apabila mendengar nama Petrus? yang namanya disebutkan 263 kali dalam Alkitab? Tentu banyak cerita tentang Petrus dalam Alkitab karena ia salah satu murid Yesus yang terkenal. Lalu bagaimana dengan murid Yesus yang lain, yang juga saudara dari Petrus, yang bernama Andreas? Tidak banyak cerita tentang Andreas dalam Alkitab. Bahkan namanya hanya 14 kali disebutkan di dalam Alkitab. Jadi, kira-kira siapa yang lebih hebat menurut anda, antara Petrus dengan Andreas? 

Mari kita melihat terlebih dahulu, kelebihan yang dimiliki oleh Rasul Petrus:
  • Petrus berjalan diatas air, walaupun hanya sebentar. Setidaknya dia pernah menggores sejarah manusia, bahwa seorang manusia mampu berjalan diatas air (Mat 14:29).
  • Petrus adalah salah satu dari tiga sahabat terdekat Yesus. Buktinya adalah pada saat Yesus berubah rupa dan wajahNya seperti matahari, hanya Petrus, Yakobus dan Yohanes saja yang diajak dari sekian banyak murid-muridNya (Mat 17:1-2). Dan masih banyak kejadian lain, yang menceritakan tentang hal ini: Mar 5:37-38; Mar 9:14; Mar 14:33-34; Luk 8:51; Luk 9:28.
  • Petrus menulis dua surat dalam Perjanjian Baru, yakni: 1Petrus dan 2Petrus.
  • Khotbah pertama Petrus menghasilkan kira-kira tiga ribu jiwa (Kis 2:41).
  • Petrus menyembuhkan orang lumpuh (Kis 3).
  • Petrus menyembuhkan Eneas dari lumpuh selama 8 tahun dan membangkitkan Dorkas (Kis 9:32-43).


Bila kita melihat kelebihan yang dimiliki oleh Petrus, tentu kita seperti melihat Yesus dalam diri Petrus. Karena kelebihan Petrus yang sudah dijabarkan diatas, seperti mengingatkan kepada Yesus pada saat Dia di dunia. Seperti berjalan diatas air, berkhotbah, menyembuhkan orang lumpuh dan bahkan membangkitkan orang mati. Lalu bagaimana dengan Andreas? apa yang dapat kita pelajari tentang Andreas dalam Alkitab? Tidak banyak cerita yang menarik seperti Petrus. Tetapi bila kita coba teliti kembali, ada satu cerita yang sangat menarik tentang Andreas. Tentunya cerita ini masih berhubungan dengan saudaranya, yaitu Petrus. Mari kita simak dalam Yohanes 1:40-42.

Yoh 1:40  Salah seorang dari keduanya yang mendengar perkataan Yohanes lalu mengikut Yesus adalah Andreas, saudara Simon Petrus.
Yoh 1:41  Andreas mula-mula bertemu dengan Simon, saudaranya, dan ia berkata kepadanya: "Kami telah menemukan Mesias (artinya: Kristus)."
Yoh 1:42  Ia membawanya kepada Yesus. Yesus memandang dia dan berkata: "Engkau Simon, anak Yohanes, engkau akan dinamakan Kefas (artinya: Petrus)."

Ayat 41-42, dalam Alkitab terjemahan The Message diterjemahkan seperti ini:
Joh 1:41.The first thing he did after finding where Jesus lived was find his own brother, Simon, telling him, "We've found the Messiah" (that is, "Christ").
Joh 1: 42.He immediately led him to Jesus.

Kisah ini sangat menarik, karena yang dilakukan Andreas pada saat pertama kali tahu dimana Yesus berada, dia langsung berusaha mencari Simon, saudaranya untuk memberi tahu tentang Mesias, yang sudah dinanti-nantikan bagi orang Yahudi. Setelah Andreas mengabarkan tentang keberadaan Yesus, Andreas dengan segera langsung mengantar Simon kepada Yesus. Dia tidak menunda sedikit pun. Tindakan inilah yang akhirnya mengubah hidup Petrus menjadi seseorang yang luar biasa. Orang-orang  tahu siapa Rasul Petrus, tetapi orang-orang belum tentu mengetahui apa yang telah diperbuat oleh Andreas dalam hidup Petrus.


Pelajaran!
Sebagai anak Tuhan, kita mempunyai kewajiban untuk memenuhi Amanat Agung yang Yesus perintahkan, “Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman." (Mat 28:19-20). Jadi, sederhananya, kita mempunyai kewajiban untuk mengantar mereka yang belum percaya kepada Yesus, atau mungkin bagi mereka yang sudah lama tidak datang ke Gereja. Sehingga mereka juga menjadi murid Yesus. Andreas mengantar Petrus kepada Yesus, sehingga Petrus menjadi murid yang luar biasa. Seringkali orang lupa dengan tindakan Andreas, seolah-olah perbuatannya terselimuti oleh ketenaran murid-murid Yesus yang lain. Tetapi peran Andreas sebagai murid Yesus, tidak kalah pentingnya. Dapat dikatakan, bahwa dibalik kelebihan Rasul Petrus, ada sosok yang tidak begitu terkenal, tetapi justru dia yang telah mengenalkan Petrus kepada Yesus.


Fokus Utama: Led them to Jesus!
Ingat! Fokus kita adalah mengantar mereka yang belum percaya kepada Yesus, bukan kepada Gereja tertentu, bukan kepada organisasi tertentu dan bahkan bukan kepada Gereja tempat kita berjemaat. Seandainya mereka bisa menetap di Gereja kita, sehingga menambahkan jumlah jemaat, itu hanya karena bonus dari Tuhan. Tetapi seandainya tidak pun, tetap nama Tuhan Yesus Kristus yang dipermuliakan. Bukan kita! Bukan Gereja kita! Karena Tuhan tetap akan memberkati dan menambahkan jiwa-jiwa baru kepada komunitas Gereja kita, asal fokus kita adalah mengantar mereka kepada Yesus.


Menabur dulu!
Mungkin ini memang waktunya kita untuk menabur sebagai pelayan Tuhan dimana pun kita ditempatkan. Setelah kita menabur, dengan berusaha menginjil orang yang belum percaya, sangat mungkin kejadiannya adalah Gereja lain yang akan menuainya. Dan bila hal ini terjadi, tidak perlu kecewa, karena fokus utama kita adalah membawa dan mengenalkan mereka kepada Yesus Kristus, bukan kepada hamba Tuhan atau Gereja tertentu. Dan kita harus tetap setia untuk mengantar mereka kepada Yesus. Apabila kita sudah dipercaya hal kecil dengan menjaga domba-domba yang ada, maka Tuhan akan menambahkan dengan cara-Nya. Cara Tuhan terlalu banyak untuk menambahkan jiwa-jiwa baru di Gereja kita.


Menuai kemudian :D
Cara Tuhan untuk menambahkan jiwa-jiwa di berbagai macam Gereja berbeda-beda. Tidak selalu sama. Contohnya, di Gereja tempat Penulis pelayanan (GBI AlBerTa – Sunter Indah) cara Tuhan adalah, pada saat kita sibuk dengan membesuk jemaat dan menginjil, Tuhan sudah menambahkan jiwa-jiwa di komunitas kita, tanpa kita sadari. Dan bahkan jiwa-jiwa baru tersebut, bukan hasil taburan kita. Mungkin saja ada penginjil lain, atau Gereja lain yang sudah menabur terlebih dahulu kepada mereka, sehingga kita tinggal menuai saja. Jadi fokusnya adalah mengantar dan mengenalkan mereka kepada Yesus! Tidak peduli mereka nanti akan beribadah dimana, karena itu urusannya Tuhan, bukan urusan kita.


Konklusi
1Co 3:5  Jadi, apakah Apolos? Apakah Paulus? Pelayan-pelayan Tuhan yang olehnya kamu menjadi percaya, masing-masing menurut jalan yang diberikan Tuhan kepadanya.
1Co 3:6  Aku menanam, Apolos menyiram, tetapi Allah yang memberi pertumbuhan.
1Co 3:7  Karena itu yang penting bukanlah yang menanam atau yang menyiram, melainkan Allah yang memberi pertumbuhan.
1Co 3:8  Baik yang menanam maupun yang menyiram adalah sama; dan masing-masing akan menerima upahnya sesuai dengan pekerjaannya sendiri.


Bagaimanapun juga, Tuhan tetap melihat pekerjaan kita. Mungkin kita sudah berkorban banyak, baik materi, waktu, tenaga dan bahkan perasaan pada saat penginjilan atau mengajak teman yang sudah lama tidak ke Gereja. Bahkan mungkin kita seperti Andreas yang namanya tidak terlalu dikenal. Percayalah! Tuhan melihat pada saat kita menabur, Tuhan juga melihat jerih payah kita. Tugas kita hanya menanam dan menyiram, dan Tuhan-lah yang akan memberikan pertumbuhan. Kita pasti akan mendapatkan upah yang sesuai dari Tuhan, asal kita juga berusaha! “Led them to Jesus!”

No comments: