Welcome....

Selamat datang teman-teman. Saya Paulus yang biasa dipanggil PaO. Saya rindu sekali untuk membuat artikel. Disinilah saya menuangkan semua hasil pemikiran. Saya beri judul pada Blog ini, Reflection Results. Ini semua hasil pemikiran, ide, refleksi dari saya sendiri. Apabila ada kata-kata atau kalimat dari orang lain, saya berikan footnote atau resensi tulisan. Saya yakin anda mendapat pelajaran yang baik pada saat anda membacanya. Bila teman-teman sedang ada waktu, boleh sekalian dikasih komentarnya dalam setiap artikel yang dibaca. Bila ada yang tidak setuju juga tidak masalah :D all praise to Jesus! praise for ever!!

Selamat Membaca. Tuhan Yesus Kristus Memberkati.

Penulis : Pdp. Paulus Igunata Sutedjo, M.Th.

Labels

Wednesday, July 24, 2013

Perubahan Karena Kepedulian - Galatia 6:1-2

Nani adalah seorang remaja. Sejak duduk di bangku sekolah menengah pertama, ia datang ke gereja bersama dengan temannya. Apabila temannya tidak hadir, maka Nani tidak hadir juga, dikarenakan Nani merasa tidak punya teman lain di gereja tersebut. Seiring waktu berjalan, semangat Nani turun dalam mengikuti ibadah Komisi Remaja. Akhirnya Nani tidak kunjung datang untuk beribadah. Hal ini berlangsung, kira-kira selama satu tahun. Pada saat itu, saya masih sebagai ketua remaja, belum menjadi pembina. Setelah menjadi pembina, saya berinisiatif membuat komunikasi dengan remaja setempat, yaitu dengan cara konseling pribadi. Kemudian setelah beberapa kali dihubungi dan dibesuk, Nani akhirnya kembali datang. Setelah itu, saya berusaha mendekatinya untuk konseling dan mencoba sebagai teman untuk mendengar keluh kesahnya. 

Puji Tuhan, saya melihat perubahan drastis terhadap Nani dalam hal keintimannya dengan Tuhan. Sebelumnya, Nani adalah remaja yang tidak bisa menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan, walaupun datang ke gereja, karena Nani mempunyai latar belakang keluarga yang memeluk agama lain. Bagi Nani perbuatan Yesus dan Alkitab sangat tidak masuk diakal, sehingga dia menjadi kurang percaya kepada Yesus Kristus. Tetapi dengan berjalannya waktu, Nani yang sudah mulai rajin kembali datang ke ibadah remaja, saat itu sudah duduk di bangku sekolah menengah atas, dengan sedikit demi sedikit, dia mulai memahami siapa itu Yesus Kristus. Pada akhirnya, Nani menerima Tuhan Yesus Kristus sebagai Juru Selamatnya secara pribadi. Hal ini hanya karena karya Roh Kudus yang bekerja dalam diri Nani. Saya dan rekan-rekan sepelayanan hanya menjadi alat Tuhan Yesus Kristus untuk menjadi konselor bagi Nani.

Perhatian atau kepedulian merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia, selain sandang, pangan, dan papan. Sebagai makhluk sosial, orang akan merasa tidak bahagia bila ia tidak pernah dipedulikan oleh orang lain. Begitu sebaliknya, orang akan merasa bahagia bila banyak orang menaruh perhatian kepadanya. Sebagai seorang remaja, Nani membutuhkan seseorang untuk memimpinnya ke jalan yang benar, karena kerohanian Nani semakin lama semakin pudar. Kepedulian terhadap seseorang sangat penting dalam kehidupan. Apabila Nani tidak dipedulikan oleh teman-teman gerejanya, maka ada kemungkinan Nani belum menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamatnya. 

Jadi kepedulian terhadap seseorang itu sangat penting, terutama bagi mereka yang kehilangan arah, ditinggalkan dan dikucilkan karena dosa. Karena kepedulian dari teman-teman gerejanya, Nani mengalami perubahan drastis dalam hidupnya. Yang selama ini ia selalu berpikir memakai logika tentang Alkitab dan Yesus, sekarang Nani dapat menerima itu semua dengan iman. Tentu perubahan yang terjadi dalam diri Nani karena karya Roh Kudus dan kepedulian orang sekitar. 


Salah satu bentuk mengasihi sesama adalah kepedulian, 
salah satu bentuk menyakiti sesama adalah kecuekan.

No comments: