Welcome....

Selamat datang teman-teman. Saya Paulus yang biasa dipanggil PaO. Saya rindu sekali untuk membuat artikel. Disinilah saya menuangkan semua hasil pemikiran. Saya beri judul pada Blog ini, Reflection Results. Ini semua hasil pemikiran, ide, refleksi dari saya sendiri. Apabila ada kata-kata atau kalimat dari orang lain, saya berikan footnote atau resensi tulisan. Saya yakin anda mendapat pelajaran yang baik pada saat anda membacanya. Bila teman-teman sedang ada waktu, boleh sekalian dikasih komentarnya dalam setiap artikel yang dibaca. Bila ada yang tidak setuju juga tidak masalah :D all praise to Jesus! praise for ever!!

Selamat Membaca. Tuhan Yesus Kristus Memberkati.

Penulis : Pdp. Paulus Igunata Sutedjo, M.Th.

Labels

Wednesday, December 12, 2012

Christmas dan X-mas


Natal sebentar lagi akan tiba, dan banyak orang yang sudah menyiapkan ucapan selamat natal, dalam bentuk kartu Natal atau-pun dalam bentuk SMS, BBM, dll. Dan seringkali kita mendengar atau melihat kata “Christmas” dirubah menjadi “X-mas” (termasuk Penulis :P). Dan setiap tahun,ada saja orang yang tidak setuju dengan kata “X-mas” dengan alasan kata X itu menghilangkan sesuatu yang penting dari kata Christmas, yaitu kata Christ, yang berarti Kristus. Penulis juga pernah mendengar alasan lain yang berkaitan dengan pemujaan suatu dewa dalam Negara tertentu. Sehingga dilarang menggunakan kata “X-mas”.

Tetapi, apakah benar seperti itu? Mari kita simak. Kata Christmas mempunyai arti Mass of Christ, dalam bahasa Indonesia artinya adalah “Misa Kristus” yang kemudian disingkat menjadi Christ-Mass/Christmas, dan setelah itu disingkat kembali menjadi X-mas. Kata ini, pertama kali dipakai di Eropa pada tahun 1500-an.

Sebenarnya huruf X dari kata X-mas berasal dari abjad Yunani. X adalah huruf pertama dari kata Χριστός – Christos (khris-tos') yang berarti Kristus. X juga merepresentasikan salib. Jadi huruf X dari kata X-mas, bukan dibaca X dalam bahasa Indonesia tetapi X adalah simbol bagi Kristus, dari bahasa Yunani Chi (X).

Sehingga tidak ada yang salah apabila kita mengucapkan “merry X-mas”. Karena kata ini hanya singkatan seperti JBU yang artinya Jesus Bless You, hanya saja kata X-mas adalah singkatan campuran dari bahasa Yunani dan bahasa Inggris.

So guys… JBU & merry X-mas :)




Sumber:
  1. Wisdom of God
  2. E-Sword – the Sword of the Lord with an electronic edge.
  3. Kamus Besar Bahasa Indonesia, KBBI v1.1
  4. http://artikel.sabda.org/christmas
  5. http://www.merriam-webster.com/dictionary/xmas

No comments: