Welcome....

Selamat datang teman-teman. Saya Paulus yang biasa dipanggil PaO. Saya rindu sekali untuk membuat artikel. Disinilah saya menuangkan semua hasil pemikiran. Saya beri judul pada Blog ini, Reflection Results. Ini semua hasil pemikiran, ide, refleksi dari saya sendiri. Apabila ada kata-kata atau kalimat dari orang lain, saya berikan footnote atau resensi tulisan. Saya yakin anda mendapat pelajaran yang baik pada saat anda membacanya. Bila teman-teman sedang ada waktu, boleh sekalian dikasih komentarnya dalam setiap artikel yang dibaca. Bila ada yang tidak setuju juga tidak masalah :D all praise to Jesus! praise for ever!!

Selamat Membaca. Tuhan Yesus Kristus Memberkati.

Penulis : Pdp. Paulus Igunata Sutedjo, M.Th.

Labels

Tuesday, July 15, 2014

Evaluasi Diri - Mazmur 90:1-11

Seorang bocah laki-laki masuk ke dalam sebuah toko. Ia mengambil peti minuman dan mendorongnya ke dekat telepon umum koin. Lalu ia naik ke atasnya, sehingga ia bisa menekan tombol angka di telepon dengan leluasa. Ditekannya tujuh digit angka. Si pemilik toko memerhatikan tingkah bocah ini dan menguping percakapan teleponnya. Bocah itu berkata, "Selamat siang Bu, bisakah saya mendapatkan pekerjaan memotong rumput di halaman rumah Ibu?" Ibu di ujung telepon sebelah sana berkata, "Maaf, saya sudah punya orang kepercayaan untuk mengerjakannya." Bocah laki-laki ini tetap berusaha, "Ibu bisa bayar saya setengah upah dari orang itu." Dengan tersenyum ibu itu berkata, "Terima kasih, tetapi saya sudah sangat puas dengan hasil kerja orang itu." Dengan sedikit memaksa bocah ini berkata, "Saya juga akan menyapu pinggiran trotoar Ibu dan saya jamin di hari Minggu nanti, halaman rumah Ibu akan jadi halaman yang tercantik di antara rumah-rumah yang berada di kompleks perumahan Ibu." Ibu itu akhirnya menjelaskan, "Sekali lagi terima kasih Nak, Anda tidak perlu repot-repot, karena sudah ada orang kepercayaan saya yang mengerjakannya. Dia sudah membuat halaman rumah saya sangat indah. Ia tidak hanya memotong rumput liar, tetapi ia juga menghias rumput tersebut dengan bunga-bunga. Bahkan, tetangga di sebelah saya memuji halaman rumah saya. Saya sudah sangat puas dengan hasil pekerjaan orang kepercayaan saya!" Dengan senyuman di wajahnya, bocah laki-laki itu menaruh kembali gagang telepon. Si pemilik toko yang dari tadi mendengarkan, menghampiri bocah itu. Pemilik toko itu berkata,  "Nak, aku suka dengan sikapmu, semangat positifmu, dan aku ingin menawarkanmu pekerjaan, karena kelihatannya kamu sangat menginginkan pekerjaan." Bocah laki-laki itu tersenyum dan berkata, "Tidak, terimakasih. Tadi saya hanya ingin mengevaluasi, apakah pekerjaan saya sudah bagus atau belum. Sebenarnya, saya adalah orang kepercayaan Ibu tadi."

Seperti bocah laki-laki itu, sebaiknyalah kita mengevaluasi diri untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik. Kita dapat mengevaluasi diri dalam hal apapun, hanya dengan bertanya kepada orang-orang di sekitar kita. Kita juga dapat mengevalusi dengan menilai diri kita sendiri, tentunya dibutuhkan kejujuran bila ingin mengevaluasi diri sendiri! Alangkah baiknya jika kita dapat mengevaluasi diri pada pagi hari sebelum melakukan aktifitas sehari-hari, tentang apa yang kita sudah kerjakan pada hari kemarin untuk memastikan kualitas hidup yang lebih baik pada hari ini! Ayat yang sudah kita baca menjelaskan, bahwa kehidupan kita sebagai manusia di bumi ini sangat singkat. Umur kita pun juga terbatas. Untuk itu, sangat penting untuk mengevaluasi diri, sehingga kita dapat memanfaatkan waktu dengan baik di setiap harinya. Jangan pernah menyia-nyiakan satu hari, karena kita dapat hidup di hari ini pun adalah karena anugerah dari Tuhan. 

Mengevaluasi diri bukan tanda dari kelemahan seseorang, 
tetapi tanda kekuatan seseorang!

No comments: