Welcome....

Selamat datang teman-teman. Saya Paulus yang biasa dipanggil PaO. Saya rindu sekali untuk membuat artikel. Disinilah saya menuangkan semua hasil pemikiran. Saya beri judul pada Blog ini, Reflection Results. Ini semua hasil pemikiran, ide, refleksi dari saya sendiri. Apabila ada kata-kata atau kalimat dari orang lain, saya berikan footnote atau resensi tulisan. Saya yakin anda mendapat pelajaran yang baik pada saat anda membacanya. Bila teman-teman sedang ada waktu, boleh sekalian dikasih komentarnya dalam setiap artikel yang dibaca. Bila ada yang tidak setuju juga tidak masalah :D all praise to Jesus! praise for ever!!

Selamat Membaca. Tuhan Yesus Kristus Memberkati.

Penulis : Pdp. Paulus Igunata Sutedjo, M.Th.

Labels

Monday, August 19, 2013

Stand-Up Comedy - Amsal 15:13; 17:22

"Hati yang gembira membuat muka berseri-seri, 
tetapi kepedihan hati mematahkan semangat."

"Hati yang gembira adalah obat yang manjur, 
tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang."

Komedi tunggal atau Stand-Up Comedy adalah salah satu genre profesi melawak, yang pelawaknya membawakan lawakannya di atas panggung seorang diri, biasanya di depan pemirsa langsung, dengan cara bermonolog mengenai suatu topik. Orang yang melakukan kegiatan ini disebut pelawak tunggal, komik, atau komik berdiri (komik tunggal). Komedi tunggal ini biasanya dilakukan oleh satu orang dan biasanya juga berbentuk grup. Mereka biasanya melawak di kafe-kafe atau di stasiun televisi. 

Salah seorang komik yang bernama Soleh Solihun pernah ditanya, tentang belajar dari mana untuk menjadi komik. "Saya enggak pernah belajar. Karena sering ngomong di depan umum saja kali ya. Di kampus sering jadi pembawa acara. Ya enggak tahu, akhirnya begitu saja. Enggak pernah belajar teori. Yang lain pada belajar teori, saya enggak tahu teorinya bagaimana. Yang penting tujuannya membuat orang ketawa. Bagaimana ketika omong itu membuat ketawa. Itu saja." Ujarnya. 

Jadi, tujuan dari mereka sebenarnya adalah menghibur penonton dengan membuat tertawa. Tertawa dan humor memberikan kegembiraan dalam kehidupan kita. Tertawa memang bukan sesuatu yang spesial. Namun, penelitian menyebutkan bahwa tertawa mendatangkan banyak manfaat. Para ahli mengatakan anak-anak bisa tertawa tiga ratus sampai empat ratus kali sehari, sementara itu orang dewasa hanya tertawa tidak kurang dari dua puluh kali sehari. Dari setumpuk pekerjaan, tanggung jawab yang berat dan rutinitas kehidupan sehari-hari, acap kali merampas tawa dan kegembiraan kita. Sehingga banyak orang yang stres dan timbul penyakit atau virus yang tidak diketahui dari mana asalnya, karena kondisi tubuh yang lemah dan tidak semangat. Seandainya setiap orang sadar bahwa tersenyum dan tertawa itu sungguh berarti bagi kehidupan, sepertiga obat yang ada di apotek dan toko-toko obat lainnya, tidak akan kita butuhkan. Tertawa akan menghasilkan hati yang gembira dan firman Tuhan berkata bahwa hati yang gembira akan membuat muka kita berseri-seri dan juga sebagai obat yang manjur.

Dalam kehidupan kita sehari-hari yang penuh dengan tekanan baik dalam rumah, pekerjaan atau lingkungan sekitar akan membuat kita menjadi patah semangat dalam menjalani kehidupan. Hal ini sangat tidak baik bagi kehidupan kita, karena kehidupan kita menjadi tidak normal lagi. Dengan tertawa akan membuat hidup kita menjadi seimbang dan tenang. Dan kita pun juga dapat bekerja lebih baik lagi. Ini menjadi kekuatan yang membuat seseorang mengoptimalkan setiap yang dikerjakannya. Tentunya dengan tertawa juga akan menyingkirkan kerutan dahi. Situasi yang serius terus-menerus akan menghalangi kita untuk tertawa. Mari kita luangkan waktu sejenak dari kesibukan kita sehari-hari untuk tertawa lepas, bersama dengan orang-orang di sekitar kita.

Kesibukan dalam pekerjaan tidak selalu menghasilkan hati yang gembira.

No comments: