Welcome....

Selamat datang teman-teman. Saya Paulus yang biasa dipanggil PaO. Saya rindu sekali untuk membuat artikel. Disinilah saya menuangkan semua hasil pemikiran. Saya beri judul pada Blog ini, Reflection Results. Ini semua hasil pemikiran, ide, refleksi dari saya sendiri. Apabila ada kata-kata atau kalimat dari orang lain, saya berikan footnote atau resensi tulisan. Saya yakin anda mendapat pelajaran yang baik pada saat anda membacanya. Bila teman-teman sedang ada waktu, boleh sekalian dikasih komentarnya dalam setiap artikel yang dibaca. Bila ada yang tidak setuju juga tidak masalah :D all praise to Jesus! praise for ever!!

Selamat Membaca. Tuhan Yesus Kristus Memberkati.

Penulis : Pdp. Paulus Igunata Sutedjo, M.Th.

Labels

Saturday, March 24, 2012

Waktu adalah Uang ?

Efesus 5:15-16

Eph 5:15  Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif, 16  dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat.


Perikop dalam ayat ini Rasul Paulus menjelaskan tentang bagaimana seharusnya kita hidup sebagai anak-anak terang.

Dalam ayat 15-16 dijelaskan bagaimana anak terang seharusnya juga memperhatikan bagaimana kita hidup dengan menggunakan waktu yang ada.

Orang dunia berkata waktu adalah uang, tetapi sebenarnya waktu jauh lebih berharga daripada uang. Karena apabila kita kehilangan uang, kita dapat mencari lagi dengan bekerja, tetapi apabila kita kehilangan waktu, maka kita tidak bisa mendapatkannya lagi, karena waktu terus berjalan.


What?
Apa yang dimaksud dengan waktu ?

Kata “Waktu” Dalam Bhs. Yunani ada 2, yaitu :

  1. Chronos χρόνος : time, kronologi. Kronologi dalam KBBI : urutan waktu dr sejumlah kejadian atau peristiwa. Suka tidak suka, waktu akan berjalan terus menerus dengan perlahan tetapi pasti!
  2. Kairos καιρός : time, opportunity. Kata waktu yang digunakan dalam ayat 16 adalah Kairos=peluang/kesempatan. Dalam hidup kita banyak peluang yang seharusnya kita isi dengan lebih arif (ay.15). Arif dalam KBBI berarti Bijaksana.

How?
Bagaimana menggunakan waktu dengan bijaksana ?

  1. Mengatur waktu yang Tuhan beri. Tuhan memberikan kesempatan yang sama setiap orang, yaitu 24jam/hari. Limit kesempatan setiap orang adalah 24jam/hari, pada saat jam 12.00 malam, limit itu akan kembali menjadi nol, dan kita diberi kesempatan 24jam/hari lagi. Seringkali orang bilang, “tidak ada waktu” sebenarnya dia bukan tidak ada waktu, tetapi dia tidak bisa mengatur waktu!
  2. Mengasah Talenta yang Tuhan percayakan. Selain itu, apakah kita menggunakan waktu tersebut dengan mengasah talenta yang Tuhan sudah percayakan kepada kita? Percuma kita berbakat dalam bidang musik, design, melukis, fotografi, berkhotbah, olahraga, apabila kita tidak pernah mengasah hal tersebut.
  3. Jangan pernah Menunda. Kegagalan seseorang, seringkali dapat dilihat bagaimana dia menunda waktu yang sudah dipercayakan kepadanya.
  4. Menjalin Relasi dengan orang lain. Kita dapat menggunakan waktu juga dengan menjalin hubungan yang baik dengan teman, sahabat atau keluarga.

Konklusi
Waktu jauh lebih berharga daripada uang! 
Karena dengan menggunakan waktu kita dapat menghasilkan uang, tetapi dengan menggunakan uang kita tidak dapat menghasilkan waktu

Quote from me:
Banyak kesempatan-kesempatan besar menyamar dengan tugas-tugas kecil :) be wise!



Published with Blogger-droid v2.0.4

No comments: